Cari Artikel

Unknown

Internet Marketing adalah sebuah ilmu yang memelajari tentang seluk beluk mencari uang melalui internet, terutama yang sedang tren adalah melalui sebuah website yang memasang iklan di dalamnya. Internet Marketing membawa kita ke dalam suatu bisnis yang menghasilkan uang namun kita dapat melakukannya hanya dari dalam kamar kita sendiri. "Kantor" virtual kita adalah website yang kita bangun. Semakin baik website yang kita bangun, semakin baik pula "kantor" kita.

Sejalan dengan maraknya Internet Marketing, munculah berbagai media yang mewadahi kita untuk belajar Internet Marketing. Mulai dari munculnya ratusan buku yang berbahasa Indonesia sampai munculnya tempat-tempat belajar (kursus) Internet Marketing.

Namun yang sangat disayangkan adalah sebagian besar mereka hanya menitikberatkan terhadap penggunaan AdSense sebagai media pencarian uang. Tidak salah, namun sebenarnya mereka hanyalah mengobral janji. Mengapa? Akan dibahas mengapa pembelajaran Internet Marketing yang mengedepankan AdSense hanya mengobral janji.

AdSense adalah sebuah sistem periklanan yang dikeluarkan Google. Melalui AdSense, setiap pemilik sebuah website dapat memasang iklan yang telah ditentukan oleh Google. Melalui iklan ini, sang pemilik website dapat memeroleh uang dari Google dengan berbagai cara juga. Ada yang disebut Pay Per Click (PPC) dimana Google membayar kepada Anda dari tiap klik yang dilakukan di website Anda, ada pula yang disebut Pay Per Sale (PPS) dimana Anda akan mendapat "komisi" setiap kali seseorang meng-klik sebuah iklan dari website Anda dan membeli sebuah barang atau jasa.

Penegemasan dari Google AdSense pun banyak, mulai dari AdSense for Search dimana akan "ditanam" search engine Google pada website Anda dan jika seseorang meng-klik iklan yang terdapat pada hasil pencarian Anda maka Anda akan mendapatkan uang dari situ, sampai AdSense for Feeds dimana Google akan memasang iklan pada RSS Feeds website Anda.

Namun banyak yang menyebabkan bahwa AdSense ini hanya akan membuat Anda kecewa, tidak seperti janji-janji manis dari penulis dan pemilik tempat kursus yang membahas tentang Internet Marketing. AdSense, perlu Anda ketahui, memberikan "keuntungan" kepada Anda setiap klik yang dilakukan pengunjung website Anda. Dan ternyata dari setiap klik tersebut, Anda akan mendapatkan persenan yang jumlahnya bisa dibilang tidak besar (tergantung iklan yang diklik) yaitu hanya sekitar $1-$50 per 1000 klik.

Perlu diketahui bahwa membangun suatu website tidak semudah membalikkan telapak tangan. Membangun sebuah website mutlak memunyai sebuah konsep yang luar biasa untuk menjadikan website kita tersebut dikunjungi banyak orang. Dan hal itu tidak bisa dibangun dengan waktu 1,2, atau 3 bulan saja, waktu untuk membangun sebuah website yang baik bisa mencapai tahunan! Itu tidak termasuk waktu jika kita belajar untuk membuat sebuah website, bahasa pemrogramman-nya, database-nya, dll. Belum lagi dana yang kita investasikan untuk menyewa hosting dll. Tidak cukup itu saja, jika kita ingin membangun sebuah website yang baik, maka website itu harus aktif dan senantiasa di-update. Itu semua membutuhkan waktu, tenaga, pikiran, dan biaya.

Tidak hanya itu saja, jika memang Anda memiliki website yang dikunjungi banyak orang tiap harinya, belum tentu mereka akan meng-klik iklan di website Anda. Suatu riset yang dilakukan sebuah website independen mengatakan bahwa kecenderungan orang untuk mengklik sebuah iklan di suatu website hanya sekitar 2% dari jumlah pengunjung suatu website. Jadi jika ingin mendapatkan 1000 klik, pengunjung website tersebut harus sekitar 50000 orang!

Mungkin Anda berpikir setelah membaca tulisan di atas bahwa toh cukup menguntungkan mendapatkan (andaikan maksimal) $50 tiap 1000 klik, dan jika tiap bulan mendapatkan 10000 klik maka sudah $500 atau sekitar 5 juta rupiah. Namun mari kalkulasi, jika ingin mendapatkan 5 juta rupiah per bulan yang sekitar 10000 klik, maka website tersebut harus dikunjungi 500 ribu orang, yang berarti sekitar 17 ribu pengunjung setiap harinya! Hasil sebanyak itu sangat kecil untuk sebuah website yang dikunjungi 17 ribu orang per harinya. Dan perlu diketahui hanya beberapa website di Indonesia yang dikunjungi ribuan orang per harinya. Tetapi coba bayangkan waktu, tenaga, pikiran, dan biaya yang Anda keluarkan, akan sangat tidak sebanding. Lalu jika waktu yang Anda keluarkan tersebut dipakai untuk berbisnis hal lain, pasti akan jauh lebih menghasilkan, perlu diingat bahwa suatu website yang dikunjungi ribuan orang per harinya adalah website yang sukses. Bayangkan jika Anda bukan membangun website yang sukses melainkan sebuah toko (contohnya) yang sukses. Tentu hasilnya akan sangat jauh dari (hanya) sekedar 5 juta rupiah. Padahal membangun sebuah website yang sukses sama sulitnya dengan membagun sebuah bisnis yang sukses seperti toko contohnya.

Itu semua jika dapat mendatangkan ribuan orang per harinya, bayangkan jika website tersebut (hanya) dikunjungi ratusan-puluhan-atau tidak sama sekali! Bisa dikatakan bahwa hasilnya hampir 0! Padahal Anda sudah mencurahkan segalanya untuk website tersebut. Perlu diingat, jika mencairkan dana yang ada di Google AdSense, kita akan dikirim sebuah cek, dan untuk mencairkan dana tersebut akan kena charge dari bank sekitar $50! Padahal Anda sudah mencurahkan segalanya untuk website tersebut.

Jadi bisa disimpulkan, berbisnis mencari uang dengan Google AdSense sia-sia! Saya sangat tidak menyarankan untuk orang yang ingin membuka website untuk tujuan komersial menggunakan Google AdSense kecuali jika memang Anda ingin membuka website 'iseng' dan ingin mendapatkan penghasilan tambahan, mungkin Google AdSense ini bisa menjadi solusi, tentu dengan tidak mengharapkan hasil yang banyak. (NL)

Baca juga: Internet Marketing Jangan Mengandalkan Google AdSense

11 Responses
  1. muara fatan Says:

    Sayapun sempat erfikir seperti iut tapi apa boleh buat saya saat ini hanya mengganutngkan diri dari penghasilan adsense. Do`ain ya semoga sya cepat mendaptkan ide dan menjalankan bisnis lainnya/


  2. Anonim Says:

    Saya pasang adsense baru 1 bulanan ,,,ternyata cukup berat untuk mengail klik iklan tersebut apalagi blog sy yg miskin traffick,tooh wl pun banyak tergantung visitor,,mau gk ngelik iklan nya ?...trims infonya.
    achirnya sy ngelanjutin hobby ikut isi survey online,,hehehe ,,malah lumayan.,,sambil melihat perkembangan GA,,,selanjutnya !!
    penurunan visitor pada blog 2 achir2 ini tidak lepas dari hadirnya jejaring sosial yang mampu lebih cepat memberi info yg di perlukan orang ,achirnya yg berkunjung pada blog hanya orang 2 tertentu yg memang mau mencari info 2 yg kurang pada jejaring sosial.


  3. Unknown Says:

    Produk Tilla shop di jamin asli : Barang yang di tawarkan semuanya barang Asli Original garansi resmi distributor dan garansi TAM .
    semua Produk nya Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya.
    jika berminat hubungi / sms:(+6289691986275 ),ATAU KLIK WEBSET RESMI nya http://tilla-shop.blogspot.com
    BlackBerry>Samsung>Nokia>Apple>Acer>Dell>Nikon>DLL

    Dijual,
    Ready Stock !
    Blackberry Q10 Black/white.
    Harga Promo Rp.3.750.000,-

    Ready Stock !
    BlackBerry Bold Dakota 9900,
    Hrg promo Rp.2.150.000,-

    Ready Stock !
    BlackBerry 9380 Orlando - Black
    Rp.900.000,-

    Ready Stock !
    BlackBerry Curve 8520 Gemini
    Rp.500.000,-

    Ready Stock !
    BlackBerry Bold 9780 Onyx 2
    Rp.800.000,-

    Ready Stock !
    Blackberry Curve 9320
    Rp.700.000,-

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Tab 2 (7.0)
    Rp. 1.000.000

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Nexus I9250 - Titanium Si
    Rp.1.500.000,-

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Note N7000 - Pink
    Rp.1.700.000

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White
    Rp.500.000,-

    Ready Stock !
    Nokia Lumia 800 - Matt Black
    Rp.1.700.000,-

    Ready Stock !
    Nokia Lumia-710-white
    Rp. 900.000,-

    Ready Stock !
    Nokia C2-06 Touch & Type - Dual GSM
    Rp.450.000,-

    Ready Stock !
    Nokia Lumia 710 - Black
    Rp. 900.000,-

    Ready Stock !
    Apple iPhone 4S 16GB (dari XL) - Black
    Rp.1.200.000,-

    Ready Stock !
    Apple iPhone 4S 16GB (dari Telkomsel)
    Rp.1.200.000,-

    Ready Stock !
    Apple iPod Touch 4 Gen 8GB
    Rp.700.000

    Ready Stock !
    APPLE iPod Nano 8GB - Pink
    Rp.500.000,-

    Ready Stock !
    Acer Aspire 4752-2332G50Mn Core i3 Win7 Home
    Rp 1.300.000

    Ready Stock !
    Acer Aspire S3-951-2364G34iss
    Rp. 1.200.000,-

    Ready Stock !
    Acer Aspire 5951G Core i7 2630 Win 7
    Rp. 2.500.000,-

    Ready Stock !
    Acer Aspire 4755G Core i5 2430 Win 7 Home Premium Green
    Rp. 2.500.000,-

    Ready Stock !
    Nikon D7000 kit 18-105mm
    Rp.1.700.000

    Ready Stock !
    Nikon D90 Kit 18-105mm Vr
    Rp 1.300.000

    Ready Stock !
    Nikon Coolpix L 120 Red
    Rp. 900.000

    Ready Stock !
    Nikon Coolpix P 500 Black
    Rp 1.000.000


  4. Info yang sangat membatu bagi sy yang nubie di dunia internet, makasih gan_


  5. Unknown Says:

    Terimakasih infonya... Bagi yang menyukai dunia fotografi dan informasi seputar kamera DSLR + Lensa silahkan kunjungi http://www.duniadslr.com/


  6. Unknown Says:

    membantu.. tapi temen2 ada yang bisa dapat 3jt / bulan maksudnya bisnis gmana mas.
    www.caraunic.blogspot.com (cara cara unik ada disini)


  7. Pencerahan, untuk selalu fokus pada tujuan.
    Adsense hanya sampingan buat ngisi celah yang kosong.


  8. Unknown Says:

    makanya google memanfaatkan blog yang banyak visitor untuk menghasilkan banyak penghasilan publisernya,, tapi nyatanya diluar sana sudah banyak kok orang yang sukses dengan adsense,, penghasilan 0$ itu karena tidak serius,, coba serius pasti bisa,


  9. memang harus penuh dengan kesabaran dan telaten dalam mengurus kualitas suatu blog.


  10. kutu gelo Says:

    Terus kalo kaya Bayu skak, diki chanel sama eka lesmana itu bisa? Kenapa kita gak? Optimis.. modal cuma duduk, ngetik, sama berdikir aja ko.. gak kaya kuli2 yg lainya keluar keringat.


  11. Unknown Says:

    Alhamdulillah.. Cuma iseng2 tapi sekarang sdh dapat diatas $100 perbulan.. Apalagi kalo serius..


Posting Komentar