Cari Artikel

Unknown

Windows Vista sebagai OS (sistem operasi) penerus XP diluncurkan Microsoft pada tahu 2007. Pengembangan sistem operasi ini merupakan yang terlama dari semua produk yang Microsoft pernah keluarkan. Peluncuran Windows Vista ini pun penuh kontroversi karena peluncurannya sepat ngaret sampai satu tahun lamanya dari jadwal semula. Mulai dari peluncuran yang tertunda-tunda, masyarakat sudah mulai mencium bahwa ada yang tidak beres dengan sistem operasi ini.

Ketika Windows Vista secara resmi diluncurkan oleh Microsoft, banyak orang tersentak, sistem operasi ini begitu berat untuk dijalankan. Terlebih dengan banyaknya program dan hardware yang tidak support Windows Vista. Ketika orang-orang mencoba Vista, kesan mereka adalah bahwa tidak ada yang spesial dari Vista ini kecuali tampilan, segala hal lainnya tidak lebih baik daripada XP. Tentu ini sangat mengecewakan banyak orang dan membuat Vista menjadi sistem operasi terburuk setelah Windows Me yang Microsoft pernah keluarkan.

Namun ada yang menarik di sini, ternyata berhembus kabar bahwa sebenarnya Windows Vista memang tidak layak ketika diluncurkan. Para developer di Microsoft pun tidak siap untuk meluncurkan Windows dengan code name Longhorn ini. Namun karena tuntutan waktu dan biaya, Microsoft dengan terpaksa meluncurkan Windows dengan code name Longhorn ini. Ini yang menyebabkan hampir tidak ada yang baik dari Vista. Namun secara garis besar dapat disimpulkan kegagalan Vista adalah karena:

  • Vista sangat lambat, bahkan dengan hardware yang cukup tinggi sekalipun
  • Vista tidak menawarkan sesuatu yang luar biasa daripada XP
  • Vista lebih merepotkan dibanding XP (notification-notification yang menjengkelkan)
  • Keamanan Vista tidak jauh lebih baik dari XP
  • Vista tidak memberikan efisiensi apapun bahkan jika menghitung waktu, menggunakan Vista lebih merugikan dalam hal efisiensi daripada XP
  • Vista sudah terlanjur dianggap gagal oleh masyarakat

Dari semua sebab-sebab tersebut, memang Vista merupakan sistem operasi yang buruk. Pemilihan sistem operasi penting untuk sebuah komputer. Oleh karena itu bijak-bijaklah memilih sistem operasi. (NL)

Label: edit post
2 Responses
  1. SHARE - Mengubah Windows Vista menjadi bahasa Indonesia
    http://adf.ly/Ast2b
    (Membutuhkan Windows Vista asli, bukan bajakan)


  2. Anonim Says:

    kalau sistem operasi windows 8 apakah baik untuk komputer?


Posting Komentar